Kamis, 06 September 2012

Telusur Malang Mei 2007

     Kota Malang, tanggal 5 Mei 2007 sekitar jam 6 sore, dari hotel Aloha di Jl. Gajah Mada saya berangkat menuju Jl. Ijen tempat diadakannya acara Festival Malang Kembali. Saya menggunakan transportasi yang tidak pernah saya liat lagi di Jakarta: Becak. Dalam perjalanan, ketika melewati perempatan Jl. Kahuripan (ex-Van Riebeeckstraat) & Jl. Semeru (ex-Semeroestraat) ada suatu gedung yang mencuri perhatian saya. Posisinya di sebelah kiri, di hook Jl. Semeru, namun saya hanya melewatinya saja karena bukan gedung itulah tujuan saya. Sepulang dari Jl. Ijen saya kembali melewati gedung tersebut, tentunya kali ini berada di sisi kanan saya, dan kembali saya tidak bisa melepaskan pandangan saya pada gedung tersebut. Entah apa yang berbeda dari gedung tersebut saya tidak bisa mendeskripsikannya saya hanya bisa merasakannya… Mungkin karena temboknya yang langsung menempel pada trotoar & tidak adanya pagar pembatas sehingga membuatnya “telanjang”, minta dilihat…

     Sesampai di Hotel ternyata gedung tersebut masih melintasi pikiran saya, rupanya ia meminta saya untuk memburunya, dan esok siangnya sayapun mengabulkan permintaannya untuk diburu dengan Pentax ist DL. Menurut warga setempat gedung tersebut bernama gedung kembar. Sesuai namanya gedung yang saya liat semalam itu ternyata memang memiliki kembaran yang letaknya tidak jauh darinya, tepat di seberang utaranya. Dari segi bentuk keduanya memang mirip namun yang di sebelah utara kini di cat dengan warna yang sangat menyala, kontras dengan saudaranya. Gedung sebelah selatan yang dicat dengan warna krem muda kini menjadi kantor Bank A.N.K (Arta Niaga Kencana) sedangkan yang disebelah utara yang dicat dengan warna kuning & oranye kini menjadi tempat biliar, cafe & bar bernama “pitstop”. Selain itu di sudut atasnya ditutupi pula sebuah poster iklan yang membuatnya semakin berbeda dengan saudaranya.

     Di Jalan Ijen saya membeli foto2 & kartu2 pos repro Malang Tempo Doeloe, salah satu foto yang saya beli menampilkan 2 gedung kembar, rupanya itu adalah foto gedung kembar tempo doeloe yang sekarang sudah berbeda, di foto tersebut keduanya masih sangat mirip. Saya juga mendapatkan foto Jl. Ijen tahun 1948, foto Jl. Pasar Besar yang dulu bernama Petjinanstraat, foto hotel pelangi yang kondisinya juga sudah berbeda, dll. Esoknya saya kembali menelusuri kota Malang sambil mendokumentasikannya.
Berikut foto2 seputar Kota Malang yang saya dampingkan dengan beberapa foto2 tempo doeloe nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar